AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Hal-Hal Yang Terjadi Pada Tanggal 26 November


Hari ini merupakan hari kemerdekaan mongolia terhadap cina. Hari ini mongolia telah berhasil lepas dari kekuasaan dinasti qing, Mongolia merdeka dengan pemberian Uni Soviet.

Dikutip dari Wikepedia mengenai Mongolia

Mongolia (bahasa Mongol: Монгол Улс) yakni sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Timur; berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, dan Republik Rakyat Tiongkok di selatan. Mongolia merupakan pusat Kekaisaran Mongol pada abad ke-13 tetapi dikuasai oleh Dinasti Qing sejak akhir kurun ke-17 hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan derma Uni Soviet pada 1921. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia tidak diakui Cina sampai tahun 1949. Setelah Komunis menguasai Cina daratan, Cina alhasil mengakui kemerdekaan Mongolia. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Mongolia menganut anutan demokrasi. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan Alaska sebagian besar wilayah Mongolia mempunyai tanah yang gersang kebanyakan wilayah berupa padang rumput dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan Gurun Gobi di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis Mongol yang menganut agama Buddha Tibet dengan kehidupan nomad.

Selain hari kemerdekaan Mongolia, hari ini juga terdapat peristiwa penting lainnya seperti halnya

  1. William Herschel menemukan galaksi NGC 13.
  2. Lewis A. Swift menemukan galaksi NGC 21.
  3. Universitas Notre Dame didirikan.
  4. Howard Carter dan Lord Carnarvon menjadi orang-orang pertama yang memasuki makam Firaun Mesir
  5. Lee Kuan Yew perdana menteri Singapore mengundurkan diri dan digantikan oleh Goh Chok Tong.
  6. Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Nabire di Papua.
  7. Jembatan Kutai Kartanegara yang sedang diperbaiki di Kalimantan TimurIndonesia, runtuh
  8. Kelahiran Go-DaigoKaisar Jepang
  9. Kelahiran Novinta Dhini, mantan anggota grup idola Indonesia JKT48
  10. Hut Seskoal
  11. Hari jadi Tanggerang selatan
Itulah beberapa insiden yang terjadi pada hari ini yang aku kutip dari wikipedia, semoga wawasan anda mengenai sejarah dan apa yang terjadi di dunia ini semakin bertambah, dan biar artikel ini bermanfaat. Terima Kasih

Pesan : Merdeka yaitu bebas dari kekangan, dan kemerdekaan tidak mudah untuk didapatkan tentunya kita harus menjaga kemerdekaan yang sudah diperjuangkan.

*Picture adapted from wikipedia.com
*Referensi from Wikipedia

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7