AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Ini Perbedaan Dari Terusan Am Dan Fm Pada Radio

Radio merupakan teknologi yang sangat memiliki kegunaan pada zamannya, radio berbeda dengan televisi dimana menghadirkan gambar dan bunyi, radio hanya dapat menghasilkan bunyi. Perkembangan radio mulai tergantikan dengan pesatnya perkembangan media penyampaian gosip kini, mirip halnya televisi dan juga internet. Namun radio tetap menjadi teknologi yang unik dan masih ada yang memakai radio sebagai sarana untuk menerima info dan hiburan.

Nah pastinya kamu pernah dengarkan istilah AM dan FM pada radio, dimana dikala kamu akan menentukan channel radio maka kamu akan disuguhkan dengan frekuensi AM dan FM, tahukah kau apa perbedaan dari kedua frekuensi tersebut pada radio ??

Yang menjadi pembeda antara terusan AM dan FM adalah pada modulasinya.
AM ialah abreviasi dari amplitude modulation (memakai konsep pengubahan amplitudo), yang artinya gelombang suara akan mengubah amplitudo dari gelombang pembawanya.

Sedangkan FM ialah abreviasi dari frequency modulation (menggunakan konsep pengubahan frekuensi), yang artinya gelombang bunyi akan mengubah frekuensi dari gelombang pembawanya.

Dewasa ini kanal yang lebih sering digunakan pada radio ialah saluran FM, mengapa bukannya AM. Itu karena saluran FM menghasilkan suara yang lebih baik, dan juga gelombang radionya lebih tahan terhadap cuaca buruk., namun kekurangannya ialah jangkauan radio FM sangat sempit berbeda dengan AM, dimana jangkauannya lebih luas.

Itulah perbedaan dari radio AM dan FM, dan juga beberapa keunggulan dan kelemahan masing-masing jalan masuk tersebut. Semoga wawasan kamu akan semakin bertambah setelah membaca ini.

Pesan : Komunikasi merupakan cara untuk menjalin suatu korelasi yang baik, komunikasi yang baik akan menciptakan korelasi semakin baik pula.

*Picture adapted from flickr.com

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7