AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah


Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang, segala cara ditempuh manusia biar mampu mendapati tubuh yang sehat, namun sayang kelalaian yang dilakukan manusia menjadi sebuah pemicu timbulnya penyakit pada badan, seperti begadang, minum alkohol, narkoba, seks bebas dan lain sebagainya. Tentunya untuk menjaga kesehatan kita tidak boleh lalai dengan menjauhi banyak sekali hal yang mampu menjadikan penyakit.

Tahukah kamu kondisi kesehatan dapat terlihat melalui warna pengecap ?? Dalam ilmu kesehatan warna pengecap mampu menjadi patokan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara gampang dan sederhana. Apakah warna lidah kau sekarang sesuai dengan warna pengecap orang yang memiliki kondisi kesehatan prima ??

Penjelasan

Beberapa gangguan yang terjadi pada badan dapat membuat warna pengecap berubah dan beberapa peruabahan warna pada pengecap dapat mengkonfirmasi penyakit serius pada badan. Jika warna lidah kamu mengalami perubahan dari warna pengecap normal ialah Merah jambu dengan bintik-bintk putih yang menyelimuti atau disebut dengan papila maka sebaiknya segeralah konjungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

Baiklah dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa warna pada pengecap yang menandakan tanda-tanda kondisi kurang baik pada tubuh.

1. Hitam
Seperti kita tahu warna lidah normal yakni merah jambu dengan bintik putih yang disebut papila, pada beberapa kondisi bintik putih papila tersebut dapat berubah warna menjadi warna gelap ialah hitam. Beberapa hal yang menjadi penyebab perubahan warna menjadi hitam tersebut masih belum diketahui niscaya, namun beberapa perkiraannya yakni kebiasaan merokok, minum alkohol, minum kopi, teh hitam, atau mampu juga menjadi menandakan kebersihan mulut anda kurang terjaga.

Jika warna hitam pada lidah tersebut tidak hilang setalah menjaga kebersihan mulut sebaiknya segeralah periksa kedokter semoga dapat diketahui penyebab pastinya.

2. Putih
Warna lidah putih disebabkan oleh selaput yang ada pada permukaan pengecap, penyebab umum munculnya selaput putih pada lidah yakni alasannya adanya bakteri dan jamur. Namun kondisi pengecap berselaput warna putih ini umumnya adalah hal yang biasa saja, terutama dikala kamu baru sembuh dari flu kemungkinan lidah akan berselaput putih, kamu mampu menghilangkannya dengan cara membersihkan verbal atau mengerik permukaan pengecap. 

Namun selaput warna putih pada lidah mampu dikatakan sesuatu yang serius apabila disertai rasa sakit pada pengecap dan selaput tidak hilang dikala dikerik. Beberapa penyebab umum yang lebih serius yang membuat pengecap berselaput putih adalah

  • Kandidiasis ekspresi, kondisi ini umumnya ada pada orang-orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah, orang yang kekurangan vitamin B dan zat besi, dan orang-orang yang sering mengkonsumsi antibiotik.
  • Leukoplakia, kondisi ini umumnya tidak terlalu berbahaya, namun pada beberapa masalah kondisi ini mampu berkembang mejadi kanker. Penyebab munculnya kondisi ini yaitu dikarenakan terjadinya iritasi pada pengecap atau terlalu banyak minum alkohol dan merokok.
  • Oral lichen planus, pada beberapa masalah parah, kondisi ini menyebabkan rasa sakit pada pengecap, dan penyebab terjadinya kondisi ini masih belum diketahui niscaya.
3. Merah
Beberapa kondisi tubuh yang perlu diperhatikan ketika lidah berwarna merah ialah mirip
  • Kekurangan asam folat dan vitamin B12
  • Demam
  • Penyakit kawasaki
  • Lidah mengerut
4. Kuning
Lidah berwarna kuning kemungkinan ringannya yakni balasan dari kebersihan verbal yang tidak terjaga, namun kau tetap harus memperhatikannya alasannya beberapa masalah lidah kuning merupakan menunjukan yang parah, ialah tubuh mengalami penyakit kuning. Jika lidah berwarna kuning disertai dengan rasa sakit dan tidak hilang dikala digosok atau dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya periksakan diri anda kedokter.

5. Ungu
Meski jarang, warna ini bisa menjadi membuktikan penyakit serius pada badan yaitu penyakit jantung atau paru-paru, jikalau kamu mengalami warna lidah seperti ini sebaiknya cepat-cepat periksa kedokter supaya mampu diketahui lebih lanjut.

6. Pucat
Apabila warna pada lidah pucat, kemungkinan terbesar yang terjadi pada tubuh yaitu kekurangan asupan vitamin dan mineral. Kamu bisa mencukupi kebutuhan tersebut dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Itulah peringatan yang diberikan tubuh untuk menerangkan keadaan buruk yang terjadi pada badan kita, oleh karena itu perlunya perhatian dan kepedulian terhadap tanda-tanda yang diberikan badan salah satunya warna pengecap tadi. Semoga kita mampu selalu terhindar dari berbagai penyakit dan selalu dapat menjalani hidup dengan badan sehat dan tentunya akal sehat pula.

*Picture adapted from lifestyle.analisadaily,com

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7