AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

2 Hal Ini Dilarang Dilakukan Ketika Kamu Menghadap Kiblat

Islam telah mengatur segala sesuatu dengan sangat baik dan sangat sempurna tanpa adanya cacat sedikitpun, dalam hal meludah pun islam memiliki larangan sehingga menciptakan manusia menjadi lebih baik dan mempunyai akhlak yang terpuji. Ketika kita menghadap kiblat pun islam mempunyai hukum yang sangat baik sehingga menciptakan kita menjadi manusia yang memiliki akhak mulia. Sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW, saat menghadap kiblat ada beberapa hal yang dilarang kita lakukan

Sebagaimana kita ketahui kiblat merupakan arah atau patokan umat islam dalam hal shalat, kiblat merupakan arah dimana kita sujud kearah kaabah dimekah. Tentunya ada beberapa hal yang harus kau hindari saat kau tengah menghadap kiblat.

Rasulullah SAW sebagai pola seluruh umat islam tetunnya dia selalu melakukan hal yang baik dan bermanfaat dan tentunya patut untuk kita tiru. Beliau menyatakan bahwa risalahnya yakni untuk mengajarkan adat yang mulia kepada manusia. Termasuk dalam hal menghadap kiblat, ada beberapa hal yang dilarang kau lakukan yaitu

1. Meludah
Meludah merupakan suatu kegiatan yang sangat tidak terupuji jika kita lakukan ditempat umum, karena akan menganggu kenyaman orang lain. Tentunya meludah ketika kita tengah menghadap kiblat adalah sesuatu yang tidak terpuji pula. Rasulullah SAW bersabda "Wahai insan, seseorang yang sedang shalat hendaknya tidak meludah kearah depan. Karena, dalam shalat, Allah SWT berada diantara dirinya dan kiblat" (H.R Bukhari-Muslim, Nasa'i, Malik, dan Ahmad bin Hanbal). Dalam riwayat Anas bin Malik ra, Rasulullah menambahkan, "Meludah didalam mesjid adaah kesalahan, kafaratnya adalah menguburnya" (H.R Nasa'i, dan Ahmad bin Hanbal).

Itulah mengapa dikala kita menghadap kiblat hendaklah tidak meludah, dan juga meludah hendaknya ditempat yang benar mirip WC, meludah didalam mesjid sangat tidak terpuji.

2. Buang Air Besar atau Kecil
Ketika menghadap kiblat Rasulullah SAW juga mengajarkan manusia untuk tidak membuang air kecil ataupun besar. Rasulullah SAW mengajarkan bila kamu membuang hajat, janganlah menghadap atau membelakangi kiblat. Menghadaplah kearah timur atau barat.  Tentunya akhalak dia merupakan akhlah yang mulia dan kita patut untuk menurutinya.

Itulah beberapa hal yang dihentikan kita lakukan saat kita menghadap kiblat, biar kita menjadi manusia yang memiliki budpekerti mulia tentunya kita perlu menjauhi hal-hal yang membuat adab kita menjadi tercela.

Pesan : Semoga kita semua menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT.

*Picture adapted from alamiry.net

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7