AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Apakah Benar Pertumbuhan Rambut Insan Itu Tidak Terbatas ??


Mungkin pertanyaan mirip ini akan terlontar atau pernah terlontar didalam benak kamu. Apalagi dikala kau pernah melihat di televisi menayangkan seseorang yang mempunyai rambut sangat panjang layaknya animasi kartun Tangled. Atau kau yang sudah mempunyai anak, mungkin saja anak kamu pernah bertanya, mah, pah apakah rambut kita mampu terus tumbuh sampai panjang banget ??

Berikut ini akan dipaparkan secara ilmiah mengenai pertumbuhan rambut insan, dan pertanyaan yang ada dikepala kamu terjawab ialah apakah rambut manusia bisa tumbuh secara terus menerus hingga tidak terbatas ??

Penjelasan
Seperti kita tahu rambut tentunya mengalami pertumbuhan yang dapat terlihat terang dalam masa waktu tertentu seperti sebulan. Dalam penelitian mengenai pertumbuhan rambut manusia, rambut manusia normalnya tumbuh sepanjang setengah inchi atau sekitar 1,25 cm setiap bulannya, yang apabila dikali dengan 12 bulan akan menghasilkan panjang sekitar 15 cm setahunnya.

Bagaimana kalau kita biarkan rambut kita tidak dipotong selama bertahun-tahun misalkan saja sampai sepuluh tahun. tentunya rambut kita akan mempunyai pertambahan panjang sebanyak 150 cm, tentunya panjang yang fantastis kan. Namun pemikiran mirip itu merupakan pemikiran yang salah !!

Pasalnya rambut manusia memiliki umur pula, sehingga apabila umur rambut tersebut sudah sampai maka rambut tidak akan mengalami pertumbuhan lagi, melainkan akan rontok dan digantikan dengan rambut gres. Setiap helai rambut manusia mempunyai usia maksimal enam hingga tujuh tahun lamanya. Makara kalo setiap helai rambut kita tidak mengalami kerusakan contohnya seperti patah, maka selama tujuh tahun rambut akan menerima panjang sekitar, 105 cm.

Jadi kalo dilihat-lihat panjang rambut yang bisa dicapai rambut sebelum usianya sudah tidak mengecewakan panjang, jadi pada dasarnya yaitu rambut tidak bisa tumbuh selamanya, melainkan ada batasan umurnya pula.

Seperti itulah pembahasan mengenai pertumbuhan rambut yang ternyata memiliki batas.

Lalu bagaimana dengan yang ada di televisi ??

Ada beberapa orang yang memiliki kelainan pada rambutnya dimana rambut tumbuh dengan sangat cepat, hal tersebut sangat jarang terjadi dan hanya terjadi pada segelintir orang, namun sama saja rambut yang mengalami kelainan itu tetap memiliki batasan untuk tumbuh.

Tambahan
Ada beberapa hal yang membuat laju pertumbuhan rambut pada insan berbeda-beda seperti asupan masakan, kegiatan sehari-hari dan hormon yang ada didalam tubuh.

Hormon yang ada didalam badan umumnya akan menyebabkan rambut lebih cepat panjangnya, seperti halnya perempuan yang sedang hamil dimana hormon wanita tersebut tengah dalam keadaan banyak-banyaknya. Itulah mengapa pertumbuhan rambut pada perempuan hamil mampu lebih cepat.

*Picture adapted from cewekbanget,grid.id
*Referensi adapted from sains.me

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7