AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Bagaimana Cara Mengatasi Murka Dalam Islam


Marah yakni salah satu emosi yang bisa dirasakan oleh setiap manusia normal, emosi ini merupakan emosi yang berasal dari perasaan tidak suka atau jengkel yang ada didalam hati, dan dalam islam emosi marah mampu dikatakan sebagai emosi yang berasal dari hasutan syaitan. Dalam ilmu kesehatan marah yaitu emosi yang sangat tidak baik bagi kesehatan, alasannya adalah murka mampu menyebabkan persoalan pada badan mirip darah tinggi, pusing, stress, mual, tubuh lemes, bahkan jikalau emosi tersebut muncul pada orang yang mengidap penyakit mirip misalnya darah tinggi, emosi marah tersebut mampu menjadi pemicu akhir hayat.

Dalam islam kita diajarkan bagaimana cara mengatasi emosi marah tersebut biar tidak mampu dikeluarkan dengan benar sehingga tidak memberikan imbas buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

Cara-cara yang mampu dilakukan ketika sedang murka semoga membuat marah tersebut padam dalam hukum islam ialah sebagai berikut

1. Membaca Ta'wudz
“Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika beliau membaca ta’awudz: “A’uudzu billahi minas syaithanir rajiim,” marahnya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

emosi marah timbul alasannya adanya hawa nafsu yang ada pada manusia, yang mana merupakan kelmahan insan yang sangat disukai syaitan, oleh alasannya adalah itulah saat murka mintalah pinjaman dan pemberian kepada Allah SWT, karena hanya kepadanya lah kita menyembah dan memohon perlindungan.

2. Diam
Dampak negati yang menghadang ketika murka dapat diatasi dengan diam. Mengapa demikian ?? ketika murka maka otak akan mendapatkan tekanan emosi yang tidak baik, jantung akan berdetak tidak teratur, bahkan darah dapat mengalir tidak lancar, salah satu penyebabnya ialah alasannya adalah pada dikala murka umumnya insan akan mengeluarkannya dengan nada suara dan emosi yang tinggi.


Dari Ibnu Abbas Ra, Rasulullah Saw. bersabda:

“Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad).

selain itu dengan menutup mulut kita juga akan terhindar dari dosa-dosa seperti berkata-kata kotor atau garang.

3. Merubah Posisi
Didalam islam diajarkan dikala seseorang sedang marah dan apabila pada saat itu dia sedang bangkit hendaklah duduk, dan apabila seseorang tersebut dalam keadaan duduk atau pada saat dibawa duduk murka masih saja ada maka bawalah berbaring, hal tersebut akan membuat emosi murka menghilang, dan apabila masih saja maka cara paling ampuh yaitu dengan dibawa berwudhu lalu shalat sunat, dan berdoa kepada Allah SWT.

Dari Abu Dzar Ra, Rasulullah Saw. menasehatkan: “Apabila kalian murka, dan ia dalam posisi bangkit, hendaknya beliau duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak ia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

4. Mengingat Akibat dan Keuntungan Mengeluarkan dan Menahan Emosi
Ketika sedang murka umumnya manusia hanya akan berpikir untuk mengeluarkan emosi tersebut, tetnunya hal tersebut tidaklah baik. Dalam islam diajarkan untuk menahan emosi tersebut dengan mengingat laba yang didapat dari menahan emosi tersebut dan dengan mengingat pula kerugian yang akan didapat jikalau melampiaskan emosi tersebut.


Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal beliau bisa meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, hingga Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang beliau kehendaki.” (HR. Abu Daud, Turmudzi)

5. Membaca Istighfar
Mengucapkan istighfar mampu menjadi solusi untuk mengatasi marah tersebut, dengan memohon ampunan kepada Allah atas kesalahan yang telah kita perbuat selama ini, hal tersebut akan menciptakan hati dan pikiran menjadi hening dan lega yang tentunya dapat mengatasi emosi murka tersebut.

6. Memaafkan
Memaafkan ialah hal mulia yang disukai Allah SWT, saat memafkan pikiran akan menjadi damai, perasaan jengkel atau tidak suka pun akan menghilang tentunya akan menciptakan emosi marah mejadi karam dan hilang


Allah SWT. berfirman:

“Dan bila mereka murka mereka memberi maaf.” (QS. Asy-Syuura: 37)

Itulah beberapa cara yang diajarkan islam untuk mengatasi emosi marah yang ada pada manusia supaya mampu dikeluarkan dengan cara yang benar sehingga menawarkan kebaikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pesan : Mulailah sesuatu dengan mengingat Allah SWT

*Picture adapted from ummi-online.com

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7