AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Benda-Benda Disekitar Kita Yang Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Tahukah kamu sesungguhnya ada banyak benda disekitar kita yang menjadi pemicu berkembangnya sel kanker didalam tubuh insan. Tanpa kita sadari selama ini benda-benda tersebut sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari kita dan menurut penelitian benda-benda yang ada disekitar kita yang selama ini tidak kita sadari sudah menyumbang sebagian dampak pada kita dalam hal pertumbuhan sel kanker.

Para pakar toksikologi melalui Reader's Digest menjelaskan ada beberapa benda-benda yang berada disekitar kita yang dapat menjadi penyebab kanker, dan yang paling banyak yakni perabot rumah tangga. 

Berikut ini yaitu beberapa benda yang berada disekitar kita setiap harinya yang mana dapat menjadi penyebab kanker berkembang biak didalam tubuh.

Dikutip melalui website nationalgeographic.co.id benda-benda tersebut antara lain

1. Sofa
Sofa yang setiap harinya selalu pernah melaksanakan kontak dengan kau ini baik sebentar atau dalam waktu yang usang ini ternyata merupakan salah satu benda yang dapat menimbulkan kanker. Mengapa demikian ??

Kebanyakan sofa yang ada dibentuk memakai materi yang mengandung TDCIPP yakni bahan yang dapat menahan api atau sebutannya anti api. Bahan tersebut dalam ilmu kesehatan merupakan salah satu materi penyebab terjadinya kanker.

Dikutip melalui website national.geographic.co.id
The Natural Resources Defense Council menyarankan kita semua mengganti sofa yang dibeli sebelum tahun 2013 dan mengecek label rincian ketika mau membeli furnitur baru. 
2. Tirai dan Karpet
Mengapa barang-barang ini dikatakan menjadi penyebab terjadinya kanker ?? hal itu sebab benda seperti tirai dan karpet merupakan barang yang dapat menyimpan zat-zat yang memicu kanker yang mana berasal dari asap rokok. Jika dikeluargamu ada yang merokok maka kandungan Candmium yang ada pada rokok akan menempel pada serat-serat lembut tirai dan karpet, bahkan sesudah asap-asap rokok itu hilang pun zat candmium tersebut masih berada pada karpet dan tirai tadi bahkan sangat sulit dibersihkan walaupun menggunakan pembersih debu.

3. Kulkas Lama
Menurut cancer.orgPolychlorinated biphenyls (PCBs) mampu muncul dari peralatan rumah tangga usang, lampu fluorescent, dan benda-benda elektronika. PCBs inilah salah satu zat kimia pemicu terjadinya kanker.

Menurut survei yang dilakukan setidaknya kulkas-kulkas lama yang mengandung PCBs masih terdapat di negara-negara berkembang hingga 70 persen.

4. Produk-Produk Pembersih
Produk-produk pembersih mirip cairan pembersih, pelembut pakaian, dan cairan pembersih karpet, can dan lainnya merupakan barang-barang yang banyak mengandung Formaldehyd atau Karsinogen. Kandungan tersebut merupakan kandungan yang berbahaya bagi tubuh yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker didalam badan.

Itulah mengapa sebaiknya memakai bahan-bahan alami ketika membersihkan perabot-perabot rumah tangga atau barang-barang lainnya.

5. Lemari Baju
Lemari pakaian mampu menjadi berbahaya apabila kau memberishkan baju di Binatu, biasanya penggunaan Perchloroethylene atau zat yang sering digunakan untuk mencuci kering (dry cleaning) yang  dapat bersifat karsinogenik apabila disimpan dalam lemari pakaian. Kandungan yang disebutkan tadi merupakan zat kimia yang dapat memicu terjadinya kanker.

Solusinya adalah dengan mencuci pakaian anda ditempat binatu yang tidak menggunakan zat tersebut dalam proses mencuci kering pakaian.

6. Penutup Jendela dan Lantai Vinil
Phtaletes merupakan kandungan yang terdapat pada barang-barang mirip lantai vinil, tirai kamar mandi, kulit sintetis, penutup jendela, wallpaper, dan benda lainnya yang juga dibentuk dari PVC vinil, dan tidak jarang pula terdapat pada kemasan plastik kuliner.

Zat ini juga sangat berbahaya bagi badan selain mampu menimbulkan terjadinya kanker zat tersebut juga dapat menggangu sistem reproduksi dan pertumbuhan insan.

Dikutip melalui website nationalgeographic.co.id
Mindbodygreen.com menyarankan untuk membuang mainan plastik yang dibentuk sebelum 2008 serta mengganti benda-benda, seperti botol atau wadah dengan benda berbahan beling atau stainless.
7. Gelas atau Tempat Makan Styrofoam
Styrene merupakan kandungan berbahaya yang ada pada styrofoam yang dapat menimbulkan kanker. zat tersebut akan larut didalam masakan ataupun minuman kamu apalagi kuliner atau minuman kamu dalam kondisi panas, hal tersebut akan membuat zat tadi mudah terlarut dalam kuliner atau minuman. Akibatnya zat tersebut masuk kedalam badan dan memicu pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

8. Pembasmi Serangga
Dalam semprotan pembasmi serangga terdapat bahan kimia yang berbahaya karsinogen glyphosate yang merupakan zat penyebab terjadinya kanker. Pertimbangkanlah untuk memakai pembasmi serangga yang berbahan alami tidak mengandung zat kimia berbahaya yang tentunya akan merugikan diri sendiri.

Itulah beberapa barang yang ada didekat kita yang menjadi penyebab munculnya kanker yang berbahaya bagi manusia.

Pesan : Perhatian khusus dalam hal-hal kecil sangat diharapkan supaya kita terhindar dari efek-imbas serius yang ditimbulkan nantinya.

*Picture adapted from hellosehat.com 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7