AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Pengertian Dan Pola Alat Musik Menurut Sumber Bunyinya


Bisa bermain alat musik merupakan kelebihan tersendiri bagi setiap orang, selain berguna bagi diri sendiri, memiliki keahlian bermain alat musik juga memberikan kegunaan bagi orang lain, mirip halnya dapat menghibur. Ketika di sekolah kita diajarkan sebetulnya alat musik mempunyai aneka macam macam jenis didunia ini dan untuk mempermudah membuat persamaan dari banyak sekali alat musik tersebut dengan mengkategorikannya kedalam Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya.

Berikut ini yaitu pengertian dari macam-macam alat musik menurut sumber bunyinya dan acuan-pola alat musiknya.

1. Membranophone
Membranophone yaitu kategori dari alat musik yang mana bunyi dari alat musik tersebut dihasilkan melalui selaput membran yang dibentangkan. Selaput tersebut mampu berupa kulit binatang mirip sapi dan juga materi sintetis yang biasanya dipakai pada alat musik drum.

Cara memainkan alat musik ini umumnya adalah dengan cara dipukul, sehingga membran tersebut menghasilkan getaran yang kemudian diperkuat oleh ruang resonansi sehingga mengakibatkan bunyi khas adalah dung dung.

Contoh alah musik yang termasuk kategori Membranophone ini ialah Drum, Kendang, Rebana, dan alat musik lainnya yang mana menggunakan membran sebagai penghasil suara dari alat musik itu.

2. Chordophone
Chordophone ialah kategori dari alat musik yang mana suara dari alat musik tersebut dihasilkan melalui dawai atau senar yang diperkuat oleh medan resonansi dari alat musik.

Cara memainkan alat musik ini umumnya adalah dengan cara digesek, dipetik dan dirhytm sehingga membuat dawai-dawai yang dibentangkan dengan ketegangan yang disesuaikan bergetar dan membentuk suatu nada.

Contoh alat musik yang dikategorikan alat musik Chordophone yakni, Gitar angin, Harpa, Biola, Cello, Ukulele, Banjo, dan alat musik lainnya yang mempunyai dawai.

3. Idiophone
Idiophone adalah kategori dari alat musik yang mana sumber bunyinya berasal dari tubuh musik itu sendiri yang diperkuat oleh ruang resonansi.

Cara memainkan alat musik ini ada banyak mirip digoyang, dipukul, ditepuk, digesek dan sebagainya, yang jelas suara yang keluar merupakan suara dari badan musik itu sendiri

Contoh alat musik Idiophone ialah Gong, Angklung, Bel, Kulintang, Simbal, Marakas dan yang lainnya.

4. Aerophone
Aerophone ialah alat musik yang mana sumber suara dari alat musik itu berasal dari getaran udara yang diperkuat oleh medan atau ruangan resonansi yang ada pada alat musik.

Cara memainkan alat musik ini umumnya adalah dengan cara ditiup atau dipompa

Contoh alat musik yang dikategorikan alat musik Aerophone ini yaitu Flute, Terompet, Harmonika, Akordion, Clarinet, dan lainnya.

5. Electrophone
Electrophone ialah alat musik yang lebih modern dibandingkan alat musik sebelum-sebelumnya sumber suara dari alat musik ini berasal dari komponen-komponen elektronika.

Cara memainkan alat musik dapat dengan cara dipetik, digesek, dan dipukul

Contoh alat musik Electrophone antara lain adalah Gitar Listrik, Biola Listrik, Drum Elektronik dan alat musik yang menggunakan komponen elektrik lainnya dalam menghasilkan bunyi.

Itulah pengertian kategori alat musik berdasarkan sumber bunyinya beserta contoh-acuan alat musiknya.

Semoga artikel ini mampu membantu, terutama dalam menambah ilmu dalam bidang bermain alat musik dan agar dapat memperlihatkan pendalam materi pula untuk mata pelajaran seni budaya.

*Picture adapted from sains.me

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7