AD (728x90)

Friday, April 19, 2019

Tahukah Kamu Mengapa Baju Operasi Dokter Berwarna Hijau ??


Pastinya kamu sering melihat diserial film atau drama dimana saat dokter melaksanakan sebuah operasi, semua yang ada didalam ruangan operasi tersebut mengenakan pakaian berwarna hijau bukannya warna putih mirip ciri khas pakaian yang dikenakan dokter biasanya ?? Bukankah hal tersebut membuat kesan dokter menjadi kurang pasalnya dokter terkenal dengan pakaian putihnya.

Ternyata ada alasan dimana dokter mengenakan pakaian putih disetiap waktu namun pada saat operasi mereka mengenakan pakaian yang berwarna hijau. Ternyata warna hijau pada pakaian tersebut sangat berpengaruh dalam proses operasi nantinya, apa alasan dokter mengenakan pakaian hijau pada ketika operasi ?? inilah alasannya.

Penjelasan

Pada awalnya pakaian yang dikenakan oleh dokter diruang operasi ialah sesuai dengan ciri khas dokter ialah putih. Namun terdapat banyak keluhan dari para dokter dikala mengenakan pakaian putih saat sedang melakukan operasi. Alasan yang diutarakan dari keluhan para dokter yaitu berkurangnya kemampuan mereka melihat warna-warna benda. Mengapa demikian ??

Pada dikala operasi, warna yang paling sering dilihat oleh para dokter adalah warna merah yakni dari warna darah pasien. Dan mirip kita tahu, operasi seringkali memakan waktu yang lama artinya intensitas melihat warna merah dari darah oleh para dokter juga semakin banyak. Apa hubungannya ?? Melihat warna merah terlalu usang akan menciptakan halusinasi warna hijau ketika mereka mengalihkan pandangannya dan melihat warna putih, terlalu usang melihat warna merah juga akan mengurangi kepekaan seseorang melihat warna merah.

Akibatnya dokter akan kesulitan melihat berbagai warna terutama warna merah, karenanya hal tersebut dapat berakibat fatal pada proses operasi.

Itulah mengapa dipilih warna hijau sebagai pakaian yang dikenakan para dokter. Dalam roda warna, warna hijau adalah lawan dari warna merah. Selain itu warna hijau juga mampu menciptakan mata lebih segar, dan juga menetralkan warna merah.

Warna hijau sendiri merupakan warna yang sangat dianjurkan untuk membuat otak kita lebih tenang dan fresh, pasalnya warna-warna alam didominasi oleh warna hijau.

Itulah alasan mengapa pakaian yang dikenakan dokter pada saat operasi tidak berwarna putih sepeti biasanya melainkan berwarna hijau.

*Picture adapted from bobo.grid.id
*Referensi from sains.me

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Themes24x7